Sabtu, 16 Juni 2012

Nikmati Animasi Wayang Kulit Virtual pada Aplikasi Shadow Play Wayang Kulit Android

Nikmati Animasi Wayang Kulit Virtual pada Aplikasi Shadow Play Wayang Kulit Android

Sebagai warga Indonesia, tentunya Anda tidak asing lagi dengan kesenian asli Indonesia Wayang Kulit yang sempat diklaim oleh Malaysia. Kehadiran Wayang ini memang tak hanya hadir sebagai kesenian asli Indonesia, namun juga sebagai salah satu hiburan tertua di Indonesia, pagelaran wayang kulit yang diiringi oleh gamelan Jawa semalam suntuk tentu sering Anda temui bukan? Beruntung Wayang ini tidak pudar oleh perkembangan teknologi  dan jaman.

Rasa bangga terhadap kesenian ini mungkin masih Anda rasakan ketika Anda pernah melihat Wayang go Internasional, tak sedikit Negara yang tertarik dengan pagelaran Wayang kulit ini, setidaknya ada 20 Negara yang diketahui memiliki team khusus atau rombongan untuk menggelar pagelaran Wayang di Negara masing-masing.

Rasa bangga itu pulalah yang mungkin dimiliki oleh developer lokal Anakules Studios untuk membuat aplikasi Android bernama Shadow Play Wayang Kulit. Lalu apa sih yang unik dari aplikasi lokal asli Indonesia ini? Yang pasti aplikasi ini bisa membantu Anda untuk membuat animasi wayang  di perangkat mobile Anda.

Jangan mengira bahwa aplikasi ini hanya bisa membuat animasi wayang saja, fungsinya ternyata tidak sesederhana itu. Bayangkan saja, wayang kulit yang biasanya dibuat dari bahan kulit kerbau yang sudah diproses menjadi kulit lembaran, kini bisa dengan mudah Anda dapatkan via handphone Android  Anda.

Cara membuatnya pun bisa dibilang mudah, sayangnya pada aplikasi ini hanya menyediakan 7 tokoh wayang populer yang diambil dari ceritai Ramayana, Mahabarata atau Punawakawan dari berbagai versi daerah. Namun hal tersebut terobati karena Anda masih bisa menemukan tokoh wayang yang cukup terkenal seperti Petruk, Semar, Gareng dan Bagong. Anda tinggal memilih dan memainkannya animasi wayang  tersebut.

Ketika animasi wayang pada aplikasi ini Anda mainkan, background layar animasi wayang ini memang gelap, namun Anda masih bisa mengaturnya sedemikian rupa. Pun demikian juga dengan tampilan animasi wayangnya, Anda bisa mengubah contrasts atau brightness sesuai dengan keinginan Anda. Anda tinggal mengajak teman untuk bermain animasi wayang melalui Android Anda dan memainkannya dalam kegelapan.

Satu kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dilengkapinya dengan suara-suara gamelan Jawa sebagai pengiring pertunjukan wayang virtual Anda. Anda pun bisa merekamnya dan langsung bisa Anda share di jejaring sosial .

Buatlah orang yang menontonnya takjub dan tak mengira bahwa yang Anda pegang bukanlah wayang kulit sebenarnya, namun hanya sebuah animasi wayang di balik sebuah handphone Android. Jika Anda tertarik memainkannya, Anda bisa mengunjungi Google Play Store . Aplikasi ini dipatok dengan harga $1,04. [HJ]

Shadow Play Indonesia Wayang Kulit

Sumber : http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=8361

Tidak ada komentar:

Posting Komentar