Minggu, 10 Juni 2012

Jawaban UTA ATA 2011-2012

Jawaban UTA ATA 2011-2012


1.      Sebutkan istilah yang setara dengan kata "File"
a.      Tabel (table), istilah umum di database
b.      Entity Set (Entitas), istilah yang digunakan di ERD
c.       Data store, istilah di DFD
d.      Document (berkas), istilah yang digunakan di konsep manual
e.      Object (objek), istilah umum di OOP

2.      Sebutkan 3 contoh master file dan 2 transaction file  di sebuah hotel
a.      Master file: (1) tamu, (2) pelayan, (3) kamar
b.      Transaction file: (1) menginap (hubungan: tamu dengan kamar)
                                                (2) membersihkan (hubungan: pelayan dengan kamar)

3.      Gambarkan contoh ERD di supermarket:
 
4.      Apa hubungan primary key dan foreign key ?
Primary key adalah kunci utama yang terdapat di setiap file, sedangkan foreign key adalah kunci tamu (primary key dari file lain) yang digunakan sebagai penghubung (relation) dengan file lain.

5.      Apa perbedaan "ketergantungan fungsional" dan "ketergantungan transitif" ?.
Ketergantungan fungsional adalah ketergantungan yang berkaitan dengan keutuhan fungsi suatu file. Misalkan file Mahasiswa yang berfungsi untuk menyimpan data mahasiswa, di sana ada atribut NPM, Nama, dan Tgl_lahir,  maka kalau isi NPMnya berubah, maka orangnya (data Nama dan Tgl_lahir) tentu akan berubah juga.
Ketergantungan transitif adalah ketergantungan yang bersifat ganda (bukan hanya dengan kunci atributnya saja). Misalkan Kodepos mahasiswa tergantung pada NPM mahasiswa (artinya, kalau NPMnya berubah, maka Kodeposnya berubah), tetapi atribut "Kota", selain tergantung dari NPM, juga tergantung pada Kodepos.
6.      Mengapa DBMS mahal ?
Banyak alasan, misalkan (1) pembuatannya sangat rumit, (2) pembuatannya melibatkan banyak tenaga ahli, (3) menyediakan banyak fasilitas, seperti backup, recovery, reporting, dsb. (4)

7.      Beri contoh kerangkapan data di file tradisional
Ada 5 file data pegawai di 5 komputer di bagian yang berbeda-beda di satu perusahaan yang sama yang belum saling berhubungan komputernya.

8.      Apakah field NPM sudah atomic ?
Ya, sudah, karena atribut NPM tidak perlu dipecah-pecah lagi

9.      Mengapa database memerlukan memori yang besar, untuk apa saja memori komputer itu, apakah hanya untuk data perusahaan saja ?
Diperlukan memori yang besar karena memori tersebut dibutuhkan untuk menyimpan software DBMS, program aplikasi, operating system, dsb., jadi bukan hanya untuk data perusahaan saja.

10.  Arti dari: adalah: di perusahaan itu ada lebih dari tiga bagian, dan setiap pegawai hanya boleh bekerja di salah satu bagian saja.

Arti dari:   adalah: di perusahaan itu hanya ada tiga bagian, yaitu bagian Keuangan, Pemasaran, dan Produksi, dan setiap pengawai hanya boleh bekerja di salah satu bagian itu,


Arti dari: adalah: di perusahaan itu ada lebih tiga bagian, dan setiap pegawai boleh bekerja lebih dari satu bagian.

Arti dari: adalah: di perusahaan itu hanya ada tiga bagian, yaitu bagian Keuangan, Pemasaran, dan Produksi, dan setiap pengawai boleh bekerja di lebih dari salah satu bagian,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar